Berita Badan Bahasa

04/16/2014 | Rilis Pers
Hingga tanggal 15 April 2014 pukul 16.00, Sekretariat Komite Buku dan Penerjemahan telah menerima 1.388 buku dengan berbagai tema, baik dari penerbit maupun pengarangnya.
04/04/2014 | Rilis Pers
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menerbitkan Jurnal Kajian Ilmiah Sastra (Jentera) dan Jurnal Kajian Ilmiah Bahasa (Ranah) Volume 3 Tahun 2014.
03/27/2014 | Kegiatan
Bertempat di Pendopo Lamin Etam, Kantor Gubernur Kalimantan Timur, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Kebahasaan dan Kesastraan antara Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mahsun, M.S., dan Gubermur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Wakil Gubernur, HM. Mukmin Faisal, Kamis, 27 Maret 2014.
03/26/2014 | Rilis Pers
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan ikut serta dalam Frankfurt Book Fair (FBF) tahun 2014 di Jerman, dan akan menjadi Guest of Honor (GoH) dalam Frankfurt Book Fair (FBF) tahun 2015.
02/13/2014 | Rilis Pers
Pengumuman sayembara penilaian karya sastra dalam rangka “Pemberian Penghargaan Sastra untuk Pendidik”
01/27/2014 | Kegiatan
Seminggu pascabanjir bandang yang menerjang kota Manado, Rabu lalu, pegawai di lingkungan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara ikut serta dalam pembersihan yang dilaksanakan di Kampung Ternate, Kelurahan Ketang Baru, Manado. Upaya itu dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap korban banjir yang menyebabkan belasan orang meninggal dunia dan ratusan ribu orang mengungsi.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Praptomo Baryadi Isodarus adalah guru besar linguistik di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Prof. Dr. Yus Rusyana dilahirkan di Pameungpeuk, Garut Selatan, pada tanggal 24 Maret 1938. Yus Rusyana terpilih dalam program Post graduate Training in the Study of Indonesian Language and Philology, Universitas Leiden Belanda (1971-1973). Gelar doktor dalam bidang morfologi bahasa diraihnya dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada tahun 1975.
Godi Suwarna merupakan salah seorang sastrawan potensial di Jawa Barat. Pria kelahiran Tasikmalaya pada tanggal 23 Mei 1956 tersebut juga dikenal sebagai sastrawan multitalenta. Ia mahir menulis puisi, drama, novel, cerpen, dan fiksi mini.
Drs. Teuku Abdullah Sulaiman, S.H. alias T.A. Sakti adalah peminat budaya dan sastra Aceh. Setiap orang yang berkiprah di dunia sastra, khususnya hikayat Aceh, tentu tidak akan meninggalkan nama T.A. Sakti. Seolah-olah saat kita membincangkan hikayat Aceh, sosok T.A. Sakti wajib dilibatkan.
Sudaryanto, sebagai doktor lulusan UGM, merupakan lulusan yang ke-25. Yang membanggakan adalah kelulusannya itu ia raih dengan predikat cum laude.
Syndicate content