Berita Badan Bahasa

Sumatera Selatan-- Di Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, masih banyak siswa yang menggunakan bahasa daerah di sekolah. Bahkan, guru dan staf tata usaha pun masih banyak yang menyapa siswanya dengan bahasa daerah atau bahasa sehari-hari.
11/20/2014 | Kegiatan
Makassar--Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah TOEFL nya Bahasa Indonesia”, tegas Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Drs. Adri, M.Pd. dalam sambutannya pada acara pembukaan uji coba pembakuan soal UKBI, di Aula Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, 20 November 2014. Lebih lanjut Adri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting karena UKBI merupakan tes berbahasa Indonesia yang berstandar nasional dan berpeluang internasional.
11/06/2014 | Kegiatan
Televisi dan radio adalah media yang sangat penting karena memberi pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Penyiar adalah orang yang menyampaikan berita atau informasi (melalui media tersebut) kepada masyarakat. Oleh karena itu, Penyiar sangat berkepentingan dengan masalah bahasa karena sarana penyampaian informasi yang digunakannya adalah bahasa.
10/30/2014 | Bulan Bahasa dan Sastra
Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah menyelenggarakan Penganugerahan Penghargaan Badan Bahasa dalam rangka Bulan Bahasa Tahun 2014 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, 30 Oktober 2014.
10/29/2014 | Seminar dan Lokakarya
Karya sastra di Indonesia sangat beragam, terutama karya sastra yang menggunakan bahasa daerah atau sastra daerah. Keberagaman yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia itu kalau tidak dikelola dengan baik bisa mengganggu kebersamaan atau bahkan memecah kesatuan bangsa dan negara kita.
10/28/2014 | Bulan Bahasa dan Sastra
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di Provinsi Kalimantan Timur terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Pada peringatan tahun ini, Selasa, 28 Oktober 2014 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur merangkai kegiatan tersebut dengan penganugerahan Piala Adibahasa 2014 Provinsi Kalimantan Timur.

Tokoh Bahasa dan Sastra

Praptomo Baryadi Isodarus adalah guru besar linguistik di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Prof. Dr. Yus Rusyana dilahirkan di Pameungpeuk, Garut Selatan, pada tanggal 24 Maret 1938. Gelar doktor dalam bidang morfologi bahasa diraihnya dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada tahun 1975.
Godi Suwarna merupakan salah seorang sastrawan potensial di Jawa Barat. Pria kelahiran Tasikmalaya pada tanggal 23 Mei 1956 tersebut juga dikenal sebagai sastrawan multitalenta.
T.A. Sakti lahir di Gampong Bucue, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie (Aceh), tahun 1954. Setiap orang yang berkiprah di dunia sastra, khususnya hikayat Aceh, tentu tidak akan meninggalkan nama T.A. Sakti.
Sudaryanto, sebagai doktor lulusan UGM, merupakan lulusan yang ke-25. Yang membanggakan adalah kelulusannya itu ia raih dengan predikat cum laude.
Syndicate content